by

Casing Power Bank Smart Yang Akan Trend di Masa Depan

-Berita-11 views

Baru-baru ini,  Apple  mulai merilis aksesori resmi untuk tiga  iPhone  terbaru. Aksesori terbaru ini merupakan sebuah  casing  smartphone yang juga bisa dipakai sebagai power bank.

Diam diam, Apple mulai menjual aksesoris resmi untuk trio iPhone teranyar miliknya. Aksesoris tersebut berupa sebuah casing yang merangkap sebagai “powerbank” karena dilengkapi baterai terintegrasi. Aksesoris bernama Smart Battery Case ini dijual melalui situs resmi Apple.com. Bentuknya mirip casing ponsel kebanyakan, tapi sedikit menonjol pada bagian belakang dan terbuat dari silikon. Ketika casing ini digunakan, maka perangkat akan terlihat menjadi lebih tebal. Tonjolan di punggung aksesori itu tak lain memuat baterai yang terhubung ke ponsel lewat konektor Lightning di sisi bawah casing. Baca juga: Baterai iPhone XS dan XS Max Lebih Cepat Habis Dibanding iPhone X Apple menjanjikan Smart Battery Case dapat memperpanjang masa pemakaian iPhone XR, XS dan XS Max menjadi sekitar dua kali lebih lama. Waktu talk time disebut bisa mencapai 39 jam, pemutaran video non-stop 27 jam, lalu browsing hingga 22 jam. Dirangkum KompasTekno dari Techspot, Rabu (16/1/2019), casing powerbank ini sudah bersertifikat “Qi”, standar pengisian daya nirkabel yang dibuat oleh Wireless Power Consortium (WPC). Dengan adanya sertifikat Qi, artinya Smart Battery Case tersebut bisa diisi ulang secara nirkabel (wireless). Tak hanya itu, casing ini juga mendukung pengisian daya cepat (fast charging) lewat port USB Type C. Smart Battery Case sudah dijual resmi di Apple.com dalam pilihan warna putih dan hitam. Harganya dipatok sebesar 129 dollar AS atau setara Rp 1,8 juta. Beberapa tahun lalu, Apple juga sempat membuat aksesoris yang serupa untuk iPhone 6 dan iPhone 6S.

Tak perlu lagi bingung lagi mencari tempat mengisi daya karena casing ini dilengkapi dengan baterai di bagian case-nya.

Aksesori ini didesain mirip dengan casing smartphone kebanyakan, namun bedanya sedikit menonjol pada bagian belakang.

Tonjolan yang berada di belakang case tersebut merupakan baterai yang nantinya akan terhubung ke smartphone lewat konektor Lightning di sisi bawah casing.  

Casing yang terbuat dari bahan silikon ini akan terlihat lebih tebal apabila akan digunakan.

Apple mengklaim  Smart Battery Case  ini dapat membuat masa pemakaian iPhnoe XR, XS dan XS Max menjadi dua kali lebih awet.

Smart Casing Powerbank dari Apple

Dengan casing ini diperkirakan lama pemakaian iPhone bisa mencapai 39 jam untuk telepon, sekitar 27 jam untuk pemutaran videi non-stop dan sekitar 22 jam untuk browsing.

Dilansir dari laman Techspot, casing power bank ini sudah memiliki sertifikat ”Qi”, standar pengisian daya nirkabel yang dibuat oleh Wireless Power Consortium (WPC).

Adanya sertifikat ”Qi” di Smart Battery Case ini dapat diisi ulang dengan wireless, jadi kamu tak perlu repot-repot lagi membawa banyak kabel untuk perangkat kamu.

Selain itu, casing ini juga mendukung pengisian daya yang cepat melalui port USB Type C.

Dengan Smart Battery Case ini, iPhone baru tak perlu lagi bingung mencari tempat pengisian daya. Karena tersedia baterai di bagian belakang case ini.

Smart Battery Case ini didesain mirip dengan casing ponsel kebanyakan, namun bedanya sedikit menonjol pada di belakang.

Tonjolan yang berada di belakang case tersebut merupakan baterai yang dihubingkan ke ponsel lewat konektor Lightning.

Berikut Kelebihan Smart Battery Case

1. Mudah Pasang & Lepas

Tidak seperti produk dari pihak ketiga yang menggunakan struktur bongkar pasang dari 2 bagian casing,  iPhone 6s Battery Case menggunakan satu bagian utuh dan dapat kamu pasang dengan mudah. Ya, ini berkat bahan soft microfiber dan soft elastomer yang ada di produk tersebut.

Oke, dengan bahan yang mudah dilepas seperti itu, wajar rasanya jika di bagian atas case ini ada bagian yang tidak diisi dengan baterai — berbeda dengan case pihak ketiga yang memenuhi semua bagian belakang dengan elemen baterai tambahan.

Lantas untuk sisi bawahnya yang juga tidak menggunakan baterai, saya rasa ada tujuan penting di balik bentuk tersebut. Yaitu Apple ingin aksesoris iPhone Lightning Dock tetap dapat digunakan ketika kamu memakai iPhone 6s Battery Case. Dengan bentuk baterai yang ada di tengah tersebut, beratnya juga lebih merata dan mantap saat ditancapkan ke docking.

2. Port Lightning Langsung, Tanpa Kabel Tambahan

Karena casing ini dibuat langsung oleh Apple, wajar rasanya jika terdapat adapter Lightning to Lightning di case ini. Ya, kamu tidak perlu menggunakan kabel tambahan untuk mengisi dayanya. Cukup bawa kabel data iPhone kamu kemanapun untuk dapat mengisi iPhone 6s Battery Case.

Nah masih seputar charging, ini adalah salah satu detail yang sering dilewatkan dalam bahasan. Ada lampu kecil di bagian dalam iPhone 6s Battery Case yang akan menyala ketika kamu mengisi daya baterainya. Hal ini dapat dilihat ketika kamu mengisinya secara terpisah — tidak sedang digunakan oleh iPhone.

3. Mode Charging Cerdas — iPhone Menjadi Prioritas

Masih seputar charging dan teknologi yang hanya bisa diciptakan oleh Apple untuk aksesorisnya. iPhone 6s Battery Case ini terhubung langsung ke Notification Center perangkat iPhone. Kamu dapat melihat 2 ikon baterai ketika sedang menggunakan casing ini dan melihat persentasenya dengan mudah — persis seperti melihat baterai Apple Watch deh.

Nah sedangkan untuk mode isi ulang daya ke listirk, iPhone 6s Battery Case memberikan prioritas pengisian ke iPhone terlebih dahulu. Jadi ketika kamu harus melepaskan case ini, setidaknya baterai utama kamu sudah diisi lebih dahulu.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin mencari casing power bank.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed